Jumat, 16 Desember 2016

Lakukan Hal "INI" Agar Haji Anda Tetap Mabrur Setelah Kembali ke Tanah Air - Banyak Yang Belum Tahu

Sebanyak 142 kloter jamaah haji Indonesia sudah mulai pulang ke Tanah Air. Agar para jamaah haji bisa menjaga kemabrurannya dan tetap sehat, ada lima tips bagi jamaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air.



* Kegiatan fisik ketika men jalankan ibadah haji cukup berat. Begitu sampai Indonesia, ada bagusnya ber istirahat sejenak, untuk memulihkan stamina.

* Perbedaan waktu antara In donesia dan Arab Saudi dapat


menimbulkan “jet lag”. Segeralah ikuti waktu/ jam tidur di Tanah Air, supaya irama tubuh segera kembali pulih.

* Infeksi saluran napas bawah (bronkitis sampai pneumonia) di Tanah Air dapat juga terjadi bila daya tahan tubuh lemah. Was padalah kalau ada keluhan batuk dan demam begitu sampai Tanah Air, segera konsultasi ke petugas ke sehatan.

* Kalau selama ini sudah ada penyakit kronik (jantung, ginjal, hipertensi, diabetes mellitus, dan lain-lain), maka perlu mengecek keadaan laboratorium / pemeriksaan terkini sesudah selesai aktivitas ibadah haji.

* Wewaspadai tiga penyakit yang banyak dikawatirkan, walaupun memang sampai sekarang tidak terjadi, yaitu meningitis, ebola, dan MERS CoV. Sehingga, kalau mengalami demam, batukbatuk, dan pilek segera periksa ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar